Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri Renyah

Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri Renyah – Kerupuk amplang? Apakah anda sudah pernah mendengar jenis kerupuk yang satu ini? Kerupuk amplang memang memiliki rasa yang enak dan gurih serta renyah seperti kerupuk jenis lain nya. Yang membedakan hanya bentuk nya saja yang kebanyakan berbentuk hampir bundar dan cukup kecil dibanding kerupuk jenis lain nya.

kerupuk amplang.png

Kerupuk amplang ini merupakan kerupuk khas suatu daerah sehingga tidak banyak dijual di daerah lain, namun kerupuk amplang memang memiliki rasa yang khas dan enak sehingga banyak orang yang suka menggunakan nya. Salah satu rasa dari kerupuk amplang adalah rasa ikan tenggiri karena kerupuk ini memang kebanyakan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dalam membuatnya.

Anda penasaran bagaimana cara membuat kerupuk amplang sendiri? Simak ulasan cara membuat nya di bawah ini:

Bahan dalam membuat kerupuk amplang ikan tenggiri:

  • 1 kg Daging Ikan Tenggiri
  • 2 kg Tepung Tapioka
  • Air 750 ml
  • 4/5 ons Garam
  • Bumbu penyedap secukupnya
  • 5 siung Bawang Putih
  • Tambahkan Cita Rasa seperti Udang ebi, keju, pedas, atau yang anda sukai.

Cara Membuat Kerupuk Amplang Ikan Tenggiri:

  1. Pertama adalah haluskan atau giling daging ikan tenggiri yang sudah anda siapkan di atas.
  2. Setelah itu campurkan daging ikan tenggiri yang sudah anda haluskan tadi dengan tepung, air, garam serta penyedap yang anda inginkan. Kemudian aduk semua bahan tadi secara merata.
  3. Bentuk adonan di atas dengan bentuk memanjang atau sesuai keinginan anda.
  4. Potong adonan yang sudah anda bentuk tadi sesuai keinginan anda.
  5. Kemudian goreng kerupuk yang sudah anda potong tadi dalam minyak yang panas dan banyak selama 30 menit hingga kerupuk mengering dan mengapung. Untuk menghindari gosong atau hangus, sebaiknya anda terus mengaduknya ketika anda sedang menggoreng agar terhindar dari gosong tersebut.
  6. Angkat kerupuk amplang yang sudah anda goreng tadi dan tiriskan hingga kering dan tidak tersisa minyak agar nantinya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.
  7. Amplang sudah siap untuk dihidangkan atau dikemas.

Untuk mendapatkan amplang yang enak dan renyah, sebenarnya ada beberapa rahasia yang bisa anda jadikan acuan seperti jangan menggunakan minyak goreng yang sama lebih dari 2x, jadi setelah minyak digunakan untuk menggoreng amplang sebanyak 2x, anda tidak boleh menggunakan minyak goreng tersebut untuk menggoreng amplang lagi.

Dan untuk mendapatkan amplang yang sesuai dengan keinginan anda, yaitu renyah dan enak. Anda harus mengikuti langkah-langkah dan cara rahasia di atas karena ini untuk membuat amplang anda bertahan lama dan banyak disukai oleh pelanggan anda. semakin enak dan renyah kerupuk amplang anda, maka akan semakin mudah untuk usaha anda berkembang.

Tentu saja hal ini sangat menarik bukan untuk dilakukan karena selain anda bisa membuat usaha rumahan sendiri dengan membuat produk kerupuk amplang, anda bisa mendapatkan keuntungan dari usaha ini, apalagi tidak banyak orang yang tahu cara membuat amplang ataupun peluang usahanya, jadi tunggu apalagi? Segera beli mesin kerupuk dan buat amplang anda sendiri di rumah dan menjualnya.

Itulah cara membuat kerupuk amplang ikan tenggiri renyah yang bisa kami informasikan untuk anda yang sedang mencari resep rahasia membuat amplang renyah. Semoga bisa membantu dan terima kasih sudah berkunjung. Dan jika anda membutuhkan mesin kerupuk, anda bisa menghubungi kami di Rumahmesin.com

Tinggalkan komentar